0 0
Read Time:3 Minute, 12 Second

Masih menggunakan tanggal lahir sebagai kata sandi? Suka memasang aplikasi di ponsel, tanpa terlebih dahulu melihat akses ke apa yang diminta?

Beberapa orang mungkin tidak tahu, bahwa hal-hal seperti risiko di atas dapat mengancam keamanan data pribadi di dunia digital. Hasilnya dapat beragam, dari aplikasi yang secara diam-diam menyadap data, hingga akun media sosial yang diretas.

Sebenarnya ada tips mudah yang bisa diterapkan untuk menjaga keamanan akun online dan data pribadi di internet.

Untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah ini, Google bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi, Sider dan State Code Agency, Siberkreasi, ID-IGF, IGF Youth, ICT Watch, dan Kreavi mengadakan kampanye #JagaPrivasimu.

Salah satu manifestasinya adalah kompetisi membuat komik tentang tips yang perlu diketahui tentang keamanan dan privasi saat berselancar di internet. Para pemenang telah diumumkan dan diposting di situs web Kreavi, situs komunitas pekerja kreatif visual di Indonesia.

Dalam komik, pembaca dapat menemukan sebanyak 10 tips yang berguna untuk kegiatan sehari-hari yang terkait dengan penggunaan aplikasi, akun online, media sosial, dan internet pada umumnya.

Karena dikemas melalui ilustrasi dan narasi gaya komik, pembaca dapat langsung mendapatkan gambaran situasi yang dimaksud dalam tips lebih jelas, serta menjadi lebih menyenangkan daripada hanya membaca teks.

Misalnya, tentang cara yang biasa digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengelabui pengguna agar mengirimkan informasi sensitif. Lalu, bagaimana menemukan situs yang aman untuk memasukkan nama pengguna dan kata sandi di browser.

Tertarik? Silakan baca komik di halaman Kreavi melalui tautan berikut.

10 Kiat untuk keamanan dan privasi di internet

Melalui informasi tertulis yang diposting ke KompasTekno, Kementerian Komunikasi dan Informasi menghargai kampanye #JagaPrivasimu yang diprakarsai oleh Google.

Untuk meningkatkan kesadaran publik tentang keamanan dan privasi di internet. “Ini adalah inisiatif yang harus terus dibina dan kami akan mendukung generasi berikutnya dalam memanfaatkan internet sebaik mungkin,” kata Dedy Dermadi, Menteri Ahli Komunikasi dan Teknologi Informasi untuk Kebijakan Digital seperti dikutip dari Kompas.

Untuk kompetisi komik #JagaPrivasimu, Google menguraikan 10 kiat keselamatan dan privasi di internet yang harus disertakan dalam pekerjaan.

Daftar lengkapnya adalah sebagai berikut

  1. Hati-hati dalam pesan yang meminta informasi pribadi. Jangan membagikan data pribadi orang lain tanpa izin orang tersebut.
  2. Selalu memastikan validitas URL atau tautan yang mencurigakan. Situs web resmi layanan online akan menyertakan mekanisme keamanan “https” yang ditandai dengan ikon gembok di sebelah kiri kolom alamat URL.
  3. Jangan menginstal aplikasi jahat di ponsel. Yang terbaik adalah hanya menginstal dari sumber resmi, seperti Google Play Store. Juga perhatikan izin apa yang diminta oleh aplikasi.
  4. Selalu gunakan versi perangkat lunak terbaru. Pembaruan sering menambal lubang keamanan dalam aplikasi, jadi selalu gunakan yang terbaru.
  5. Waspada terhadap peniru identitas yang berpura-pura menjadi orang yang dikenal pengguna. Jika Anda mendapatkan pesan yang kedengarannya aneh dari seorang kenalan, bisa jadi akun itu diretas oleh orang lain. Misalnya, mengaku sebagai anggota keluarga dan meminta uang atau informasi.
  6. Tetapkan privasi setelah pada layanan online, termasuk akun Google yang menyediakan opsi terkait seperti pengumpulan data dan merekam aktivitas pengguna. Lakukan pemeriksaan privasi akun Google di tautan ini.
  7. Gunakan jaringan aman saat memasukkan informasi. Wi-Fi publik yang terbuka tanpa perlindungan kata sandi rentan untuk diintai oleh orang lain di jaringan. Saat menggunakan jaringan semacam ini, Anda tidak boleh masuk ke akun online sensitif.
  8. Perkuat kata sandi. Jangan menggunakan kata sandi yang mudah ditebak seperti hari ulang tahun atau nama pasangan. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan karakter khusus. Ubah kata sandi secara teratur dan jangan gunakan kata sandi yang sama untuk beberapa akun berbeda.
  9. Nyalakan verifikasi dua langkah. Dengan fitur keamanan ini, login memerlukan dua langkah, yaitu input kata sandi dan kode keamanan yang dikirim melalui aplikasi seluler atau autentikator. Keamanannya jelas lebih tinggi daripada hanya menggunakan kata sandi.
  10. Periksa pusat privasi Google di halaman berikut untuk informasi lebih lanjut tentang tips menjaga privasi di internet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Komik-komik Ini Ajarkan Cara Jaga Privasi di Internet”

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.