Pembaca setiap blog tekno, kali ini kita akan membahas tentang komponen utama dalam sistem komputer yang setiap hari kita gunakan. jadi komponen utama tersebut terbagi menjadi 3 bagian yaitu hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak) dan brainware (manusia yang menggunakan).

Nah, ketika komponen ini menjadi lengkap dan dapat mengoperasikan komputer dengan maksimal. Komputer tidak bisa bekerja sendiri, akan tetapi dengan adanya teknologi AI (kecerdasan buatan) sangat dimungkinkan bahwa komputer dapat memproses data sendiri alias mengoperasikan dirinya sendiri.

Nah, intinya teknologi komputer itu terus berkembang dari masa kemasa baik hardware maupun software. Untuk alasan itulah user atau brainware harus setingkat lebih maju dari komputer agar bisa mengoperasikannya.

Mari kita mulai pembahasan yang menarik ini…

Pengertian Komputer

Komputer adalah perangkat pintar yang mampu melakukan berbagai tugas mulai dari yang mudah hingga yang rumit. Kemampuan luar biasa ini dapat dilakukan berkat kolaborasi antara bagian-bagian komputer ini. Setiap komponen memiliki fungsinya sendiri yang saling mendukung agar dapat berfungsi sepenuhnya. Sekarang, tahukah Anda apa saja komponen pembangun sistem komputer?

Komputer dibuat dari kombinasi berbagai komponen, yang masing-masingnya sangat vital. Jika salah satunya tidak ada, fungsi perangkat itu sendiri akan terganggu atau bahkan lumpuh total.
Komponen Sistem Komputer

Dan inilah sedikit penjelasan tentang apa saja komponen utama dari sistem komputer, bisa Anda lihat di bawah ini.

Baca: Definisi Pintasan (Shortcut) pada Keyboard.

Perangkat keras (Hardware)

Ini adalah komponen komputer yang memiliki bentuk secara fisik, dapat dilihat dan disentuh secara langsung. Ada banyak jenis perangkat keras, dan antara satu dan lainnya memiliki fungsi yang berbeda tetapi saling mendukung. Untuk detail lebih lanjut, silakan lihat detail berikut:

Baca Juga:  Definisi Virus Komputer: Pengertian, Histori dan Cara Kerjanya
  • Motherboard: Papan tempat mengumpulkan komponen-komponen lain seperti RAM, VGA dan CPU
  • Power Suply: Bagian dari komputer yang bertugas mengatur dan menyediakan daya listrik untuk komponen lain.
  • Media Penyimpanan: Komponen yang fungsinya menyimpan data baik sementara (RAM) atau secara permanen (HDD / SSD).
  • Kontrol Penyimpanan: Bagian ini berfungsi untuk mengontrol bagian penyimpanan yang disebutkan di atas. Contoh komponennya adalah IDE, SATA, SCSI dll.
  • Pengontrol Komputer Bus: Pada komputer terdapat berbagai jenis soket, nah inilah bagian yang mengontrol hubungan antara komputer dan perangkat tambahan lainnya seperti printer dan pemindai.
  • Kartu Suara/Sound Card: Bagian yang akan mengubah sinyal dari board sistem sehingga dapat diproses oleh speaker.
  • Jaringan Komputer: Terdiri dari komponen yang berfungsi untuk menghubungkan komputer dengan jaringan.
  • Input Hardware: Komponen yang fungsinya untuk memasukkan perintah untuk diproses lebih lanjut oleh komputer. Misalnya mouse, keyboard, pemindai, joystick dll.
  • Output Perangkat Keras: Komponen yang berfungsi mengekstraksi hasil pemrosesan yang telah dilakukan oleh komputer. Misalnya, monitor, printer, dan speaker.

Perangkat Lunak (Software)

Ini adalah kebalikan dari perangkat keras yang tidak memiliki bentuk fisik sehingga tidak dapat disentuh secara langsung. Perangkat lunak adalah program yang berisi instruksi khusus yang akan berguna untuk semua proses di komputer. Untuk membuat perangkat lunak diperlukan nama proses pengkodean.

Yaitu mengkompilasi berbagai bahasa pemrograman sehingga menghasilkan perintah untuk dieksekusi oleh perangkat komputer. Dan berikut adalah jenis-jenis perangkat lunak yang ada di komputer:

  • Sistem Operasi (OS): Bagian utama yang menjadi umur perangkat komputer. Tanpanya, komputer tidak akan bisa berjalan. Contoh OS ada sangat banyak seperti Windows, Linux, Mac OS dll.
  • Perangkat Lunak Aplikasi: Ini adalah program yang dirancang khusus untuk bekerja pada suatu proses. Ada sangat banyak jenis aplikasi tergantung pada penggunaan dan fungsinya.
  • Misalnya Microsoft Office, pemutar video dan musik dan browser internet.
  • Driver: Perangkat lunak yang fungsinya menghubungkan sistem dengan perangkat perangkat keras tambahan seperti mouse, printer, speaker, dll. Tanpa driver, perangkat keras tidak akan terhubung dan berfungsi dengan baik.
  • Firmware: Ini adalah perangkat lunak yang tertanam secara khusus dalam perangkat keras.
  • Malware: Program jahat yang tugasnya merusak fungsi perangkat keras dan perangkat lunak komputer, misalnya seperti virus.
Baca Juga:  Penjelasan Singkat Definisi Tipe Data, Fungsi dan Jenis Tipe Data

Brainware (Manusia)

Di atas kita sudah tahu tentang perangkat keras dan perangkat lunak yang jika digabungkan kemudian menciptakan perangkat komputer. Namun kedua komponen ini tentu tidak cukup, ada satu lagi bagian penting dari keduanya, yaitu Brainware. Apa itu Brainware? Ini adalah sebutan lain untuk pengguna komputer (user atau manusia) seperti kita semua.

Jika perangkat keras dan perangkat lunak telah bergabung ke dalam perangkat komputer, maka itu tidak akan berjalan jika tidak ada pengguna seperti kami. Tugas pengguna adalah memasukkan instruksi sesuai kebutuhan yang nantinya akan diproses dan dikeluarkan dalam bentuk output.

One thought on “3 Komponen Utama Sistem Komputer Berserta Fungsi dan Contohnya”

  1. Ping-balik: Definisi Processor: Fungsi dan Cara Kerja Processor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *