Computer Generated Imagery atau lebih umum disebut sebagai teknologi CGI, jika diartikan dalam bahasa Indonesia, yaitu gambar yang dihasilkan melalui efek komputer. Terutama penggunaan grafik 3D di komputer dan menggunakan efek khusus. Teknologi CGI biasanya digunakan dalam pembuatan film, pembuatan iklan, media cetak, dan acara televisi.

Pemain dalam video atau akting biasanya akan menggunakan grafik komputer waktu nyata atau jarang disebut sebagai CGI, tetapi juga tidak jarang menggunakan “adegan tengah” atau cutscene yang telah dilakukan rendering dan membuka film biasanya sangat mirip dengan penggunaan CGI teknologi, ini biasanya disebut Full Motion Video (FMV).

Definisi CGI

Pengertian CGI adalah aplikasi bidang visual efek komputer atau lebih khusus, grafik 3D untuk efek khusus dalam film, program televisi, iklan video, iklan, simulasi, dan media cetak.

Computer Imagated Imagery Technology atau teknologi CGI biasanya digunakan untuk efek visual pada komputer karena memiliki efek yang lebih mudah dikendalikan. Contohnya seperti membuat miniatur untuk efek gambar atau membuat adegan keramaian atau perang massal seperti film yang membutuhkan banyak prajurit atau pemain. Teknologi ini juga dapat membuat film tanpa menggunakan aktor, misalnya dalam membuat film Fast and Furious 7.

Tujuan CGI

Tujuan dari CGI adalah untuk memanipulasi objek apakah itu menambah, mengubah, dan menghapus objek tertentu. Biasanya digunakan pada film, CGI umumnya digunakan untuk menambahkan karakter atau objek fiksi ke film. Contoh genre film yang sering menggunakan CGI adalah aksi, genre petualangan. Tapi jangan tutup genre lain untuk menggunakan CGI.

Baca Juga:  Google Semakin Mempermudah Pencarian Berdasarkan Tanggal

Contoh Teknologi CGI

 

Jika Anda pernah menonton film Fast and Furious 7, tentu saja Anda akan melihat sosok Paul Walker yang masih memerankan Brian O’Conner. Meskipun kita sudah tahu bahwa Paul Walker telah meninggal selama proses pembuatan film Fast and Furious 7 sedang berlangsung. tentu saja kita bertanya bagaimana sosok Paul Walker yang telah mati dapat hidup kembali? Nah disinilah teknologi CGI memiliki peran yang sangat penting dalam pembuatan film Fast and Furious 7.

Paul Walker memerankan Brian O’Connor dalam film Fast and Furious dapat hidup kembali karena menggunakan teknologi yang sangat canggih ini. Teknologi CGI mampu membuat karakter 2D dan 3D sesuai dengan kebutuhan. Teknologi CGI 2D biasanya digunakan untuk membuat bidang datar. Misalnya, karakter kartun dan bentuk geometris.

Aplikasi untuk Membuat CGI

sumber gambar: screenshot merdeka.com

Perangkat lunak yang digunakan untuk membuatnya biasanya adalah Adobe Illustrator, Program Manipulasi Gambar GNU, Adobe Photoshop, CorelPaint, Corel Draw, dan Auto CAD. Selain bisa membuat karakter dengan bentuk 2D, teknologi CGI juga bisa menghasilkan objek 3D sehingga objek yang dihasilkan akan lebih terlihat.

Teknologi 3D CGI memungkinkan Anda membuat objek dengan bentuk nyata, terstruktur, dengan pencahayaan. Bahkan objek yang Anda buat bisa bergerak seolah itu hidup. Teknologi 3D CGI biasanya digunakan dalam pembuatan film tentang objek manusia, hewan, lingkungan, dan lainnya. Biasanya perangkat lunak yang digunakan untuk membuat CGI 3D ini adalah Blender, Autodesk 3Ds Max, Autodesk Maya, Lightwave 3D, Cinema 4D Studio, Sketchup, dan sebagainya.

Teknologi CGI sangat berbeda dari membuat film animasi dan kartun pada umumnya. karena proses pembuatan film kartun biasanya dimulai dengan proses menggambar dan mendesain karakter atau karakter dalam film yang akan ia buat secara manual. Sedangkan teknologi CGI, karakter dibuat menggunakan perangkat lunak khusus di komputer.

Baca Juga:  Definisi Startup: Sejarah dan Perkembangan dan Contoh Perusahaan Startup

Teknologi CGI pada Film

Tetapi pada saat ini banyak film kartun juga telah menerapkan teknologi CGI. Karena terasa lebih cepat dalam proses pembuatannya. Walaupun itu membutuhkan biaya yang cukup mahal. Contoh film kartun yang belum menggunakan teknologi CGI dan masih menggunakan metode manual.

Di antaranya adalah film Aladdin, Pinocchio, Mickey Mouse, 101 Dalmation, dan banyak lainnya. Dan contoh film kartun yang telah menggunakan teknologi CGI adalah Finding Nemo, Cars, Toy Story, Monster Inc., The Incredibles, Wall-E, dan lainnya.

Lalu bagaimana sosok Paul Walker bisa kembali bermain di film Fast and Furious 7? Ini tentu saja karena peran sutradara James Wan yang membuat sosok Brian O’Connor. Ini dimainkan oleh dua saudara Paul Walker bernama Cody dan Caleb Walker yang ditembak dalam beberapa adegan setelah Paul Walker meninggal.

Dengan teknologi CGI, wajah saudara-saudara Paul Walker dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai wajah asli Paul Walker. Supaya penonton tetap bisa melihat sosok Brian O’Connor seolah-olah diperankan oleh Paul Walker yang asli. Meskipun sebenarnya telah di gantikan oleh pemeran pengganti yaitu saudara Paul Walker.

Demikianlah tadi penjelasan singkat tentang pengertian teknologi cgi, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *